7.000 TAMU AKAN HADIR

Dua Hari di Riau, Ini Manfaat  Luhut ke Bumi Lancang Kuning

Di Baca : 3350 Kali
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) RI, Luhut Binsar Panjaitan (LBP)

Pekanbaru, Detak Indonesia-- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim) RI, Luhut Binsar Panjaitan (LBP) akan melakukan sejumlah agenda dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Riau mulai 15-16 Januari 2019.

Dengan tema "Pemberdayaan untuk Peningkatan Kesejahteraan Petani", Luhut akan melakukan dialog bersama para petani, mahasiswa dan perusahaan perkebunan di Kabupaten Pelalawan. Diperkirakan, acara tersebut akan dihadiri lebih dari 7.000 tamu undangan.

Berdasarkan agenda, Luhut dijadwalkan akan terbang dari Batam menuju Bandara Sultan Syarif Haroen (SSH) Pelalawan, Riau menggunakan pesawat milik PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) pada pukul 15.00 WIB, Selasa (15/1/2019) sore.

Setibanya di Pelalawan, sekitar pukul 16.00 WIB, Luhut akan melanjutkan perjalanannya untuk berkunjung ke RGE Technologi Center (RTC) dan melihat proses Tree Planting di Kerinci Central Nurseri (KCN), Komplek PT RAPP.

Setelah itu, di hari yang sama Luhut juga dijadwalkan akan menandatangani MoU dengan UKM dan Kegiatan Pasar Murah.

Malamnya, sekitar pukul 19.00 WIB, Luhut dijadwalkan akan hadir dalam acara Meet and Greet dengan karyawan dan komunitas PT RAPP, setelah itu dilanjutkan dengan makan malam bersama Gubernur Riau, Bupati Pelalawan dan DPRD setempat.

Keesokan harinya, Rabu (16/1/2019), sekitar pukul 7.30 WIB Luhut akan berkunjung ke Paper Mill #3 sekaligus meresmikan commisioning APY (Asia Pasific Yarn).

Setelah itu, Luhut akan langsung bertolak ke Kabupaten Siak via udara menggunakan helikopter untuk menghadiri acara "Pengembangan Techno Park Pelalawan sebagai Palm Oil Valley Indonesia".

Sekitar pukul 14.00 WIB, Luhut juga dijadwalkan pada acara penyerahan secara simbolis sertifikat lahan masyarakat, penyerahan beasiswa dari perusahaan kepada siswa STT Pelalawan, penyerahan bantuan dana replanting kelapa sawit kepada masyarakat.

Selain itu, Luhut juga akan launching proses "Sekolah Tinggi Kelapa Sawit Indonesia", launching proses pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PO Mill Jaya, penandatanganan MoU dengan perguruan tinggi, dan menghadiri penandatanganan MoU BUMD Tuah Sekata dengan Perusahaan Pembangunan Tower Plan.

Sore harinya, sekitar pukul 15.30 WIB, Luhut kemudian melanjutkan kunjungannya ke Gedung STT dan meninjau fasilitas kampus Sekolah Tinggi Kelapa Sawit Indonesia dan Pusat Inovasi Techno Park Pelalawan.

Di lokasi tersebut, Luhut akan meninjau langsung fasilitas Pusat Inovasi, Fasilitas Riset PT RAPP, Fasilitas Riset Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan, mengunjungi pameran produk inovasi masyarakat Pelalawan, mengunjungi pameran potensi produk unggulan Pelalawan, dan mengunjungi pameran Taman Nasional Tesso Nilo.

Diketahui, kedatangan Luhut ke Riau kali ini untuk memenuhi janjinya kepada Gubernur Riau terpilih, Syamsuar, yang beberapa waktu lalu berkunjung ke kediamannya di Kawasan Mega Kuningan III, Jakarta, bersama beberapa Tokoh Lembaga Adat Melayu Riau.

Kala itu, Luhut mengatakan, baginya Riau juga merupakan kampung halaman, karena semasa kecil dia pernah tinggal di Kecamatan, Rumbai, Pekanbaru.

"Masa kecil saya disana. Saya lama di Pekanbaru. saya juga pernah berenang dan minum air Sungai Siak. Itu dulu waktu airnya masih bagus," kata Luhut.

Karena tuntutan pendidikan, kata dia, dirinya kemudian harus bersekolah di Bandung, Jawa Barat.

"Jadi Riau juga adalah kampung halaman saya," ujarnya.

Jika bicara orang Riau, Luhut menegaskan bahwa dirinya juga putra asal "Bumi Lancang Kuning" yang akan tetap memperjuangkan hak-hak daerah.

"Bukan kapak sembarang kapak, kapak untuk membelah kayu. Bukan batak sembarang batak, batak satu ini juga melayu," ungkap Luhut melalui pantun kala itu. (*/di/azf)






[Ikuti Terus Detakindonesia.co.id Melalui Sosial Media]






Berita Lainnya...

Tulis Komentar